Modernisasi telah banyak merubah pola hidup masyarakat. Pada saat ini, telah banyak bermunculan pasar – pasar modern atau supermarket diberbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentunya telah menggeser eksistensi dari pasar tradisional. Dengan semakin banyaknya pasar – pasar tradisional, telah merebut banyak perhatian  masyarakat. Pada saat ini semakin banyak masyarakat yang telah  beralih untuk berbelanja di pasar modern dari pada berbelanja di pasar tradisional. Hal ini menyebabkan para konsumen atau pembeli di pasar tradisional mengalami penurunan sehingga omset para pedagang juga mengalami penurunan. Hal ini tentu sangat merisaukan mengancam kelangsungan hidup para pedagang di pasar tradisional.

Beralihnya para konsumen yang berbelanja di pasar tradisional menuju ke pasar modern tentu didasarkan oleh berbagai alasan.  Pasar modern ( supermarket, minimarket) memiliki tempat dan fasilitas yang lebih lengkap dari pada pasar modern.  Hal inilah yang menjadi daya tarik para pembeli atau konsumen. Jika kita berbelanja di Supermarket, tentu kita akan merasakan suasana yang berbeda dengan ketika kita berbelanja di pasar tradisional. Tempatnya yang bersih, nyaman, serta memberikan segala kemudahan bagi kita untuk berbelanja, telah menghipnotis kita untuk kembali lagi berbelanja di tempat tersebut. Barang – barang yang dijual pun beraneka ragam dan berkualitas lebih baik.

Harga yang ditawarkan  oleh supermarket – sepermarket juga bersaing. untuk menarik minat para pembeli atau konsumen biasanya supermarket – sepermarket malakukan promosi dengan memberikan diskon ataupun menyediakan paket belanja hemat. Selain itu, terkadang di beberapa supermarket juga memberikan harga yang jauh lebih rendah dataupun menyamai harga di pasar tradisional.  Hal ini tentu saja semakin menarik minat para pembeli untuk mengunjungi pasar modern dan semakin meninggalkan pasar tradisional. Akibatnya, hal ini dapat mematikan usaha para pedagang di pasar tradisional.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pemerintah melakukan tindakan untuk melindungi pasar tradisional karena walau bagaimanapun, pasar tradisional telah banyak menyerap tenaga kerja serta memberikan  sumber kehidupan bagi masyarakat setempat.  Selain itu, pasar tradisional juga merupakan tempat untuk memperkenalkan produk – produk lokal kepada masyarakat luas. Sedangkan pada pasar modern biasanya bukanlah milik masyarakat setempat, melainkan milik para penanam modal asing. langkah – langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah diantaranya adalah dengan membatasi jumlah berdirinya pasar modern di setiap daerah.. selain itu pemerintah juga harus menerapkan suatu peraturan tegas yang menyatakan bahwa pasar tradisional boleh beroperasi asalkan harga barang – barang yang di jual tidak boleh dibawah harga pasar tradisional. Dengan demikian diharapkan mampu menjaga keberlangsungan pasar tradisional.