Indonesia adalah negara yang memiliki banyak penduduk. Menurut data hasil sensus penduduk tahun 2010, dari 90 % data yang telah masuk, jumlah penduduk indonesia telah mencapai 234,2 juta jiwa. Hal ini tentunya membawa berbagai dampak bagi kehidupan masyarakat, salah satunya adalah permasalahan dalam hal mobilisasi yaitu tersedianya sarana transportasi yang memadai. Dengan melihat jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar, maka transportasi massal merupakan sarana transportasi yang tepat untuk diterapkan di Indonesia. Dengan adanya transportasi massal maka dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di kota- kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Selain itu, juga dapat mengurangi polusi dari kendaraan bermotor dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Dengan demikian kita dapat mengetahui betapa besar manfaat keberadaan sarana transportasi massal khususnya bagi negara Indonesia sendiri.

Namun pada kenyataannya, meskipun transportasi massal merupakan sarana transportasi yang cocok dengan keadaan yang ada di Indonesia, sarana transportasi ini masih belum terlalu banyak dimanfaatkan kegunaannya oleh masyarakat luas, serta keberadaan transportasi massal itu sendiri juga belum maksimal. Keberadaan sarana transportasi masaal seperti bus, kereta api, pesawat, kapal, dll, masih belum mencukupi untuk melayani seluruh pengguna sarana tersebut, terutama ketika tiba musim liburan sekolah ataupun libur pada hari – hari besar.  Akibatnya,  banyak penumpang terlantar dan ada pula yang nekad berdesak – desakan untuk dapat sampai ketempat tujuan dengan menggunakan sarana transportasi massal tersebut. Hal ini menunjukan bahwa sebenarnya negara Indonesia memang membutuhkan sarana transportasi publik namun dalam penanganan dan penyediaan sarana tersebut masih kurang maksimal.

Namun, saat ini pemerintah sudah mulai menunjukkan keseriusannya untuk menangani masalah transportasi massal.  Saat ini sudah banyak terdapat sarana transportasi massal yang memadai dengan harga terjangkau. Misalkan Bus Trans Jakarta dan Trans Jogja. Bus Trans Jakarta dan Trans Jogja adalah sarana transportasi publik dalam kota.  Keberadaan transportasi ini sudah cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan transportasi massal yang ada dikota Jakarta dan kota Yogyakarta. Meskipun masih perlu beberapa pembenahan dalam berbagai hal, namun sarana transportasi tetap dapat mempertahankan eksistensinya sekitar masyarakat kota Jakarta dan Yogyakarta. Dengan adanya hal ini, diharapkan mampu untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di kota – kota besar dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi umum khususnya bagi masyarakat Jakarta dan Yogyakarta.

Referensi:

http://makelarz.blogspot.com/2010/05/hasil-sensus-penduduk-2010.html

http://forum.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?4641-Skema-Sistem-Transportasi-Massal-Ideal-di-Indonesia