Apa Itu Konflik ?

Konflik adalah suatu pertentangan atau pertikaian antar individu dengan individu, kelompok dengan individu atau kelompok dengan kelompok yang merupakan gejala sosial yang sering muncul dalam kehidupan di masayarakat. Konflik social merupakan suatu hal yang  wajar terjadi pada kehidupan bermasyarakat. Konflik tidak dapat hilang dari kehidupan masayarakat kecuali masyarakat itu hilang.  Istilah konflik pada intinya dapat didefinisikan sebagai suatu pertentangan, namun beberapa tokoh menyebutkan berbagai definisi konflik sebagai berikut :

1. Soerjono Soekanto

Konflik adalah suatu proses sosial dimana orang perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan kekerasan.

2. Lewis A. Coser

Konflik adalah perselisihan mengenai nilai – nilai atau tuntutan – tuntutan yang berkenaan dengan status, kekuasaan, sert aumber – sumber kekayaan yang persediaannya terbatas.

3. Robert M.Z. Lawang

Konflik adalah perjuanagan untuk memperoleh nilai, status, kekuasaan, dimana tujuan dari mereka yang berkonflik , tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan saingannya.

4. Leopod von Wiese

Konflik adalah suatu proses sosial dimana orang – perorangan atau kelompok  manusia berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang  pihak lawan yang disertai dengan ancaman atau kekerasan.

5. Berstein

Konflik adalah suatu pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah. Menurut Berstein, konflik dapat memberikan pengaruh yang positif maupun yang negatif didalam interaksi manusia.

6. Jemes W. Vander Zanden

Konflik merupakan suatu pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status, atau wilayah tempat pihak yang saling berhadapan  bertujuan untuk menetralkan, merugikan atau menyisihkan lawan mereka.